Minggu, 07 Agustus 2016

TIPS BELAJAR AGAR TIDAK BORING


Sumber gambar : https://stockphotos.io

Tidak selamanya semangat belajar itu stabil. Kadang kala kita merasa berada disuatu titik jenuh. Jangankan belajar, melakukan sesuatu yang sangat kita sukai sekalipun kita kadang merasa bosan. Meski kita tidak mengetahui apa itu sebabnya.

Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan tips belajar agar tidak boring atau mudah merasa bosan.

1. Desaign sedemikian rupa ruang belajar agar lebih hidup

Kenyamanan dan kebersihan tempat belajar juga merupakan salah satu faktor penting dalam proses belajar. Semakin nyaman tempat kita belajar semakin semangat pula kita belajar. Untuk itu design lah ruanganmu agar kamu merasa nyaman, buat ruang belajarmu lebih hidup, misalnya dengan menempelkan poster atau gambar idolamu pada dinding, pemilihan cat warna yang sesuai dengan karaktermu atau kesukaanmu.
           

Sumber gambar : https://stockphotos.io
Menambah tanaman hias yang dapat mengatur sirkulasi udara dalam ruanganmu sehingga udaranya tampak sejuk atau benda hias  yang bisa kamu buat sendiri dari barang bekas, kotak pensil yang menarik yang bisa kamu design sendiri, selain itu juga dapat membuat daftar PR dan daftar belajar rutin dengan tambahan aksesoris menarik. Misalnya untuk PR Presentasi kamu dapat memberi sombol segitiga merah pada Bulleting, kalau  kamu suka tugas obeservasi kamu bisa memberi symbol love merah jambu pada Bulletingnya. Nah, itu semua dapat kamu buat buat sesuai kreatifitas kamu. Selamat mencoba !

2. Gunakan alat belajar yang unik
            
Sumber gambar : https://stockphotos.io
Alat belajar adalah sarana pendukung belajar kamu selain tempat dan materi belajar. Untuk itu buatah sarana pendukung itu bukan hanya sebagai mendukung kegiatan belajar tapi juga dapat mendukung semangat belajar yang berkelanjutan.
            
Misalnya kamu dapat menambah aksesoris pada pulpen atau pensil sesuai kesuakaan mu, kamu juga bisa membuat buku catatanmu dengan covernya bergambar idolamu atau actor favoritmu. Sehingga Setiap kamu membuka atau membuat catatan akan selalu tampak wajah idolamu atau sosok inspirasimu yang dapat memotivasi mu untuk terus belajar tanpa rasa bosan.

3. Buatlah cara belajar yang unik dan tidak berkesan monoton

Sumber gambar : https://stockphotos.io
              
Selain Alat belajar yang unik kamu juga meski menggunakan cara belajar yang unik agar tidak mudah bosan. Misalnya dengan menggunakan spidol atau stabilo yang berwarna warni untuk menggaris bawahi kata-kata agar terbentuk sebuah kesimpulan yang berkesan ramai dan lebih berwarna, Buatlah point-point pada materi yang anda pelajari dengan bentuk-bentuk atau symbol yang bisa menghidupkan tulisan, atau anda juga bisa belajar sambil bernyanyi, dengan kata lain, tulisan yang anda hafal dapat anda rubah menjadi lirik lagu dengan nada lagu favorite anda.
                        
Selain itu anda juga dapat membuat singkatan-singkatan yang mudah diingat dengan sangat sederhana. Sebenarnya banyak sekali cara-cara belajar yang menarik, semua ini tergantung ada anda. Pada, cara seperti apakah yang menurut anda lebih cocok untuk anda.

4. Belajar sambil sesekali mendengarkan music
Sumber gambar : https://stockphotos.io

            
Jika yang kamu lakukan adalah belajar terus-terusan nonstop hingga 2 jam atau lebih maka otak kamu akan merasa stuck dan sulit berfikir atau efek lainnya  kamu menjadi stess. Oleh karena itu belajarlah sambil sesekali mendengarkan musik.
            
Tapi tentu saja music yang membuat kamu lebih santai dan lebih nyaman. Namun, music yang harus  kamu dengarkan itu music yang belum kamu hafal. Mengapa? Karena jika kamu mendengarkan music yang sudah kamu hafal betul liriknya, maka yang terjadi adalah kamu malah keterusan bernyanyi dan enggan untuk belajar lagi.

Untuk itu fungsi  music disini untuk membuat otak kita fresh lagi setelah berapa jam belajar atau dengan kata lain music bisa menjadi terapi untuk otak agar mencegah pusing dan stress saat belajar.

5. Bila perlu gunakan alat perekam

Jika kamu seseorang yang mudah menghafal atau mengingat sesuatu dengan metode listening atau mendengarkan  maka cara yang baik buat kamu adalah dengan menggunakan alat perekam. Kamu dapat merekam ucapanmu saat membaca materi belajar dan mendengarkannya ulang sambil santai atau sesekali memakan cemilan dan minum sereal. Ini merupakan cara yang paling efectif. Karena kamu dapat mengulang mendengarkan nya berkali-kali hingga kamu hafal dan terbiasa.


            Selamat mencoba !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar