Minggu, 07 Agustus 2016

Mental Yang Harus Dimiliki
Sang Juara Sejati

Sumber gambar : https://stockphotos.io

            Sejak kecil kita telah di ajarkan bagaimana menjadi sang juara. Entah dalam hal akademik ataupun non akademik. Dimana tokoh sang juara adalah dia yang mau bekerja keras dan terus berlatih tanpa pantang menyerah.

          Sebenarnya setiap orang di dunia ini adalah sang juara, jika mereka mau belajar dan bekerja keras. Namun, pada kenyataannya hanya sedikit yang menyadari kemampuannya sendiri.

Menurut Ahli Psikologi olahraga, Jack H. Liewelly, Ph.D., dalam bukunya Coming In First. Ada 4 ciri mental sang Juara, Diantaranya :


1. Pandai Menangani Kritikan

Sumber gambar : https://stockphotos.io

          Orang yang nantinya akan sukses besar adalah orang yang terus memperbaiki diri dan mau mendengarkan kritikan orang lain. Entah itu kritikan yang membuat mereka sedih atau sakit hati.

          Orang yang pandai menangani kritikan, menganggap bahwa hal itu adalah cara untuk membuat mereka lebih baik lagi dan menemukan alternatif untuk memperbaikinya.

          Kritikan pada dasarnya bersifat membangun dan menjatuhkan. Tinggal bagaimana kamu menanggapinya. So be Smart

2. Tidak Stres saat terlalu banyak tugas yang harus diselesaikan
 
Sumber gambar : https://stockphotos.io
Saat anda dihadapi oleh berbagai tugas yang beragam dan bejibun, bayangkanlah bahwa tugas itu hanya satu atau hanya satu yang perlu anda selesaikan dan bersikaplah tenang.

Setelah itu ambil langkah awal dengan membuat daftar mana yang akan anda kerjakan terlebih dahulu yang sekiranya menguras banyak waktu dan energi untuk mengerjakannya.

Setelah satu masalah selesai, secara tidak langsung anda akan merasa lebih enteng dan memiliki semangat lagi untuk mengerjakan daftar berikutnya. Intinya anda tidak mudah stress saat menghadapi tugas yang banyak. Oke !

3. Tidak Mudah panik dalam rapat, test, atau pesta
 
Sumber gambar : https://stockphotos.io

          Perasaan panik hanya akan membuatmu tidak nyaman dan membuatmu resah, oleh karenanya bersikap lah tenang dalam menghadapi sesuatu. Karena dalam melakukan segala hal harus dilakukan dengan kepala dingin

          Panik hanya akan membuatmu tergesa – gesa dan membuat produktifitas mu menurun. Dan akhirnya kamu akan kehilangan rasa percaya dirimu

4. Lebih Percaya Diri

Sumber gambar : https://stockphotos.io

Sang juara ialah yang selalu memiliki rasa percaya diri untuk mewujudkan tujuannya. Karena sebelumnya mereka selalu berlatih untuk menjadi pemenang sebelum mereka menang. 

Banyak orang sukses di dunia ini yang hanya bermodalkan tekad dan rasa percaya diri bahwa mereka bisa melakukan nya dan hal itu pula yang diperlukan oleh sang juara.
                   

Mental sang juara perlu terapkan oleh generasi muda Indonesia. Karena pada dasarnya semua orang adalah sang juara. Tinggal bagaiman kita menghadapi dan menjalankannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar