Minggu, 07 Agustus 2016

Syndrome Malas Mikir ?
 Termasukkah anda kedalam nya ?

            Menurut Femy Olivia dalam bukunya yang berjudul Visual Mapping, terdapat beberapa indikasi bahwa seseorang mengidap syndrome malas mikir

1. Tidak Mau Diajak Berdiskusi

Sumber gambar : https://stockphotos.io

            Dalam suatu lembaga pendidikan seperti sekolah, kampus atau lembaga pendidikan informal lainnya, diskusi adalah suatu hal yang pasti ada. Entah itu dalam mengerjakan tugas kelompok, pembahasan materi dll. Pasti dilakukan dengan diskusi. Jika anda seseorang yang malas diajak diskusi maka anda termasuk memiliki syndrome malas mikir.

2. Mudah Menyerah Pada Keadaan
Sumber gambar : https://stockphotos.io

            Hal ini adalah suatu kebiasaan buruk yang harus dihindari. Seseorang yang mudah menyerah pada keadaan bisanya hidup mereka tidak akan maju. Yang mereka lakukan hanya mengeluh tanpa bertindak atau NATO (No Action Talk Only).
            Jika anda seorang yang mudah menyerah pada keadaan berarti anda telah kehilangan kepercayaan diri anda dan yang terjadi adalah anda mengharapkan keajaiban kwkwkw. Yakin masih mau nunggu keajaiban tanpa bertindak ?
Hari gini ?!

3. Enggan Meniru Pengalaman Orang Lain
Sumber gambar : https://stockphotos.io

            Pepatah mengatakan “Pengalaman adalah guru terbaik” maka sebagai seorang pelajar anda di haruskan dapat meniru pengalaman-pengalaman orang lain yang keberhasilan dan kerja kerasnya dapat dijadikan contoh dan kegagalannya dapat dijadikan pelajaran.
            Jika untuk meniru pengalaman saja enggan, bagaimana dengan menjalani kehidupan realitanya?

4. Membiarkan Masalah Tanpa mengambil tindakan
            
Sumber gambar : https://stockphotos.io
            Mengabaikan masalah untuk saat ini sama saja menimbun masalah untuk waktu yang akan datang. Jadi, mulai saat ini yuuk.. kita hadapi semua masalah ini dengan pikiran yang terbuka dan hati yang tenang. Karena kadang solusi itu muncul justru saat hati kita sedang tenang, untuk itu jangan biarkan syndrome malas mikir ini menjadi alasanmu. Masalah itu diatasi bukan dipikirin. Iya nggak?


5. Tidak Mau Membuat Perencanaan masa depan
Sumber gambar : https://stockphotos.io

            Ciri syndrome malas mikir berikutnya adalah malas menentukan rencana masa depan. Baginya hidup itu go flow it atau mengikuti arus kemana ia akan berada. Mereka  selalu menikmati hidup saat ini tanpa berpikir kedepannya seperti apa. Dampaknya mereka selalu malas, berfoya-foya dan kebanyakan masa depannya tidak jelas


6. Tidak Mau Mengambil Resiko
7. Suka Rutinitas
8. Kabur Bila disuruh Bertanggung jawab

            Kini anda sudah mengetahui indikasi Syndrom Malas Mikir, dan tentunya anda dapat mengetahui apakah anda termasuk kedalammya?
            Untuk jangka pendek Syndrom Malas Mikir tidak terlalu berdampak, tapi untuk jangka panjang bisa sangat berdampak bagi kehidupan anda kedepannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar