Minggu, 07 Agustus 2016

HARI GINI MASIH MINDER?

KE LAUT AJA!


           Tidak sedikit orang yang merasa minder bila berbicara didepan orang banyak, apalagi jika semua tatapan tertuju pada kita. Misalnya pada saat presentasi di depan kelas, pada saat berpidato ataupun saat diberi amanah untuk mengurus sesuatu yang berhubungan tentang public speaking.
            Tapi jangan pernah merasa hal itu hanya terjadi pada diri kamu saja, banyak orang yang juga merasakan hal yang sama seperti yang kamu rasakan. Namun, walaupun begitu selalu ada cara-cara tertentu untuk mengatasinya. Untuk itu simaklah Tip-Tip berikut :

1. Mulailah harimu dengan selalu berfikir positif


            













           Pikiran negative hanya akan membuatmu selalu berprasangka buruk terhadap sesuatu apapun itu dan selalu membuat mu cemas, karena kamu akan selalu merasa dirimu kurang dan selalu lemah dimata orang lain.

            Untuk itu berfokuslah pada pikiran positif, karena secara sadar ataupun tidak pikiran positif akan membawamu lebih percaya diri. Pikiran positif yang kamu terapkan akan mebawa win-win solusion tersendiri bagi kamu. Contohnya, kamu diberi amanah untuk menjadi ketua panitia suatu kegiatan dan kamu tidak dapat menolak itu, padahal kamu menyadari bahwa dirimu gampang minder dan disisi lain kamu harus mengerjakan banyak deadline yang tak bisa ditunda pula. Namun, dengan pikiran positif kamu dapat melewatinya dengan mudah yaitu dengan jawaban “banyak tugas? Dibawa kalem aja!” atau “Dengan percaya diri, aku pasti bisa melewatinya, aku akan mendiskusikannya bersama teman” atau “oke aku bisa menjalaninya, ini terlalu biasa “ dan masih banyak lagi jawaban-jawaban yang membuat kamu mampu melalui nya .

2. Pancarkan lah selalu senyummu

 Sumber gambar : https://stockphotos.io
            Tidak dipungkiri senyuman dapat mengurai segalanya, dalam keadaan sulit sekalipun jika kamu selalu memancarkan senyum tulusmu percayalah semua akan mudah kamu lalui. Dalam hal menghindari rasa minder juga, pancaran senyum dapat membuatmu terkesan anggun, bijaksana dan percaya diri.

            Contoh study kasusnya kamu sedang mempresentasikan materi pelajaran didepan kelasmu, setelah kamu selesai presentasi berikan mereka waktu untuk bertanya kepadamu, dengarkan dengan penuh antusias lalu kamu dapat memberikan sebuah senyum terimakasih dan jika kamu tidak bisa menjawabnya, katakanlah dengan jujur seperti “mohon maaf untuk hal ini saya tidak bisa menjawab, dikarenakan materi yang saya bahas belum sampai disana” sambil menyisipkan senyuman .Atau anda dapat menyanggahnya seperti “sebelum saya menjawab mungkin ada yang mau menjawab terlebih dahulu” dengan sanggahan seperti ini kamu dapat mencontek sedikit kata-kata temanmu yang menjawab dan kamu dapat mengembangkannya sendiri.

            Selain itu juga senyuman dapat menabah aura kecantikan natural. Percaya atau tidak walau dipuji sekali kamu akan tampak percaya diri seharian. 

3. Penampilan memang berpengaruh agar kamu bisa percaya diri. Tapi perayalah kamu akan terlihat menawan dengan dirimu yang apa adanya dengan kelebihan dan kekuranganmu

 Sumber gambar : https://stockphotos.io

          Jadilah dirimu sendiri, karena itu lebih baik daripada mencoba menjadi orang lain dan membuatmu tersiksa. Misalnya kamu ingin tampil langsing agar lebih percaya diri dan tidak minder bila berbicara didepan banyak orang. Kamu diet mati matian dan hasilnya kamu kurus tapi tidak makan seharian. Maka hidupmu akan terasa tidak bahagia dan tertekan. Untuk itu berpenampilanlah apa adanya dan jadilah dirimu sendiri maka dengan begitu akan terpancar aura yang natural dan tidak dibuat-buat.

4. Agar kamu tidak down lagi ketika sudah percaya diri, siapkan lah dirimu. Orang yang sukses adalah orang yang selalu mempersiapkan dirinya.



          Jauh sebelum deadline kamu harus mempersiapkan dirimu sebaik mungkin jika kamu seorang pelajar sekolah menengah atau pun mahasiswa siapkanlah dirimu sebelum presentasi, pidato ataupun ulangan. Karena dengan menguasai semua materi kamu akan merasa sangat percaya diri. Terlebih jika kamu mendapat suatu pujian dan itu akan membuatmu pede seharian. 

 Sumber gambar : https://stockphotos.io


5. Luangkanlah waktumu untuk sekedar menambah pengetahuan
         
           

 Sumber gambar : https://stockphotos.io

                      
            Hal ini tentu sangat-sangat bermanfaat, karena dizaman yang modern ini kamu tidak hanya dituntut untuk mempelajari pelajaran di sekolah atau dikampus. Kamu juga perlu mengasah otakmu dengan pengetahuan umum. Semakin banyak pengetahuanmu semakin tinggi rasa percaya dirimu di depan banyak orang hingga kamu terhindar dari rasa minder atau perasaan negative lainnya

6. Tonjolkanlah hal yang benar-benar kamu mampu melakukannya

          Kamu harus berfokus pada kelebihanmu bukan bagaimanan cara kamu menutupi semua kekuranganmu, seperti halnya kamu harus berfokus pada solusi bukan pada masalah. Untuk itu bercerminlah mulai dari sekarang, perhatikan dirimu baik-baik apa yang menjadi kelebihanmu. Ingat, kelebihan bukan hanya pada tampilan tapi pada kemampuan kamu melakukan sesuatu yang unik dan jarang dimiliki seseorang. Dengan cara kamu  dalam me manage segala sesuatu, sehingga semua berjalan sempurna sesuai dengan seharusnya.
                                                            
 Sumber gambar : https://stockphotos.io

            Dengan kamu menonjolkan kemampuanmu, maka secara tidak langsung kekuranganmu akan tertutupi oleh kelebihanmu itu. Hingga kamu dengan mudah mengusir rasa minder mu itu.

7. Gaul memang penting, untuk itu meski sibuk sempatkanlah dirimu untuk mengikut kegiatan-kegiatan sekolah atau mengikuti komunitas-komunitas yang mampu mengasah rasa percaya dirimu.

 Sumber gambar : https://stockphotos.io
                                                
            Banyak seseorang yang sebelumnya sangat kuper (kurang pergaulan) dan norak setelah mereka mengikuti kegiatan-kegiatan di sekolah atau didaerahnya mereka menjadi lebih percaya diri. Karena dalam kegiatan –kegiatan itu, banyak sediknya dapat mempengaruhi kamu baik dalam gaya berbicara, gaya berpakaian dan yang lainnya. Disitu pula kamu dapat mengetahui beragam sifat dan sikap seseorang dan cara menghadapi setiap masalah yang ada. Jika sudah terbiasa gaul, maka rasa minder dalam diri kamu akan hilang dan kamu bisa sangat percaya diri. Sehingga dapat kamu ismplementasikan kedalam kehidupan sehari-hari

            Rasa minder sebenarnya hadir karena kamu tidak percaya pada dirimu sendiri. Untuk itu cara termudah sebernanya adalah hanya dengan percaya pada dirimu sendiri, percaya bahwa kamu bisa melakukan sesuatu tanpa merasa minder atau malu.
            Untuk itu memulai semuanya tergantung pada dirimu. Oke!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar